AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG
-
1.
SILABUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG
Satuan Pendidikan : SMK
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Keuangan
Paket Keahlian : Akuntansi
Kelas /Semester : XI /1
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-
aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Akuntansi Perusahaan Jasa:
1. Pengertian perusahaan jasa
2. Ruang lingkup operasi dan
karakteristik
3. Jenis transaksi keuangan
4. Klasifikasi transaksi keuangan
5. Macam-macam bukti transaksi
perusahaan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Akuntansi Perusahaan Jasa
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Akuntansi
Perusahaan Jasa
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
1
-
2.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Akuntansi Perusahaan Jasa
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Akuntansi
Perusahaan Jasa
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Akuntansi Perusahaan Jasa dan
mempre-sentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.1. Menjelaskan pengertian, ruang lingkup
operasi, karakteristik perusahaan jasa
dan jenis serta klasifikasi transaksi
keuangan perusahaan jasa.
4.1 Mengelompokkan transaksi keuangan
perusahaan jasa.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
1. Siklus akuntansi perusahaan
jasa
2. Penyiapan transaksi/bukti
transaksi
• Fungsi pengidentifikasian
• Fungsi pengukuran
• Fungsi
pendokumentasian
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Siklus akuntansi perusahaan jasa
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Siklus
akuntansi perusahaan jasa
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2
-
3.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Siklus akuntansi
perusahaan jasa
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Siklus
akuntansi perusahaan jasa
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Siklus akuntansi perusahaan jasa
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.2. Menjelaskan siklus akuntansi
perusahaan jasa dan proses penyiapan
transaksi keuangannya.
4.2 Menyiapkan bukti transaksi keuangan
perusahaan jasa
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Pemrosesan entri jurnal:
1. Pengertian jurnal dan fungsinya
2. Bentuk-bentuk buku jurnal (buku
harian):
• Jurnal umum
• Jurnal penerimaan kas,
• jurnal pengeluaran kas.
3. Pencatatan Jurnal di Buku
Harian:
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Pemrosesan entri jurnal
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
Pemrosesan entri jurnal
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
9 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
3
-
4.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
• Penggunaan jurnal umum
untuk seluruh transaksi
• Penggunaan jurnal
penerimaan kas, jurnal
pengeluaran kas dan jurnal
umum
4. Buku pembatu dan fungsinya
5. Pencatatan transaksi ke dalam
buku pembatu utang dan buku
pembantu piutang
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Pemrosesan entri jurnal
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Pemrosesan
entri jurnal
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Pemrosesan entri jurnal dan
mempresentasikannya dalam bentuk
tulisan dan lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.3. Menjelaskan pemrosesan entri jurnal
ke dalam buku harian perusahaan
jasa.
4.3 Mencatat transaksi keuangan
perusahaan jasa ke dalam buku
harian.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
Pemrosesan akun buku besar:
1. Buku besar dan kegunaannya
2. Daftar Akun (Rekening)
3. Pemindahan (Posting) entri
jurnal ke buku besar
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Pemrosesan akun buku besar
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
4
-
5.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
diperbandingkan. Pemrosesan akun buku besar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Pemrosesan akun buku
besar
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Pemrosesan
akun buku besar
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Pemrosesan akun buku besar dan
mempresentasikannya dalam bentuk
tulisan dan lisan
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.4. Menjelaskan pemrosesan buku
besar perusahaan jasa.
4.4 Memindahkan entri jurnal ke buku
besar (posting) pada perusahaan jasa.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha
Esa, atas keteraturan yang salah
satunya melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa yang menciptakan
pengetahuan yang salah satunya
keteraturan melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
Neraca Saldo:
1. Pengertian dan kegunaan
neraca saldo
2. Prosedur menyiapkan neraca
saldo
3. Keterbatasan neraca saldo
4. Menyiapkan neraca saldo
5. Mendeteksi neraca saldo yang
tidak seimbang
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Neraca Saldo
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Neraca
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
5
-
6.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Saldo
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Neraca Saldo
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Neraca Saldo
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Neraca Saldo dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan
pembelajaran sehingga menjadi
motivasi internal dalam pembelajaran
akuntansi
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-
hari sebagai wujud implementasi sikap
proaktif dalam melakukan kegiatan
akuntansi
3.5. Menjelaskan pemrosesan neraca
saldo perusahaan jasa
4.5 Menyiapkan neraca saldo perusahaan
jasa
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Jurnal penyesuaian:
1. Jurnal penyesuaian dan
fungsinya
2. Jenis-jenis penyesuaian
3. Jurnal penyesuaian
4. Koreksi kesalahan dan jurnal
koreksi
5. Koreksi akun
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Jurnal penyesuaian
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Jurnal
penyesuaian
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Jurnal penyesuaian
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
6
-
7.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Jurnal
penyesuaian
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Jurnal penyesuaian dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.6. Menjelaskan jurnal penyesuaian dan
jurnal koreksi serta posting ke akun
buku besar perusahaan jasa.
4.6 Memproses jurnal penyesuaian dan
jurnal koreksi serta posting ke akun
buku besar perusahaan jasa.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Neraca Lajur:
1. Pengertian dan kegunaan
neraca lajur
2. Bentuk dan isi neraca lajur
3. Menyiapkan neraca lajur
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Neraca Lajur
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Neraca
Lajur
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
7
-
8.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
tentang Neraca Lajur
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Neraca Lajur
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Neraca Lajur dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.7. Menjelaskan pemrosesan neraca
lajur perusahaan jasa.
4.7 Memproses necara lajur perusahaan
jasa.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Pemrosesan Laporan Keuangan:
1. Jenis-jenis laporan keuangan
2. Bentuk laporan keuangan
3. Menyiapkan laporan
keuangan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Pemrosesan Laporan Keuangan
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
Pemrosesan Laporan Keuangan
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Pemrosesan Laporan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
8
-
9.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
Keuangan
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Pemrosesan
Laporan Keuangan
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Pemrosesan Laporan Keuangan
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.8. Menjelaskan pemrosesan laporan
keuangan perusahaan jasa.
4.8 Memproses laporan keuangan
perusahaan jasa
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Jurnal Penutup:
1. Kegunaan jurnal penutup
2. Jurnal penutup
3. Menutup akun nominal
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Jurnal Penutup
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Jurnal
Penutup
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Jurnal Penutup
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
9
-
10.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Jurnal Penutup
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Jurnal Penutup dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.9. Menjelaskan pemrosesan
penutupan buku dan jurnal
pembalik perusahaan jasa.
4.9 Memproses penutupan buku dan jurnal
pembalik perusahaan jasa.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Neraca Saldo setelah penutupan:
1. Pengertian dan kegunaan
neraca saldo setelah
penutupan
2. Bentuk-bentuk neraca saldo
setelah penutupan
3. Penyiapan neraca saldo
setelah penutupan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Neraca Saldo setelah penutupan
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Neraca
Saldo setelah penutupan
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Neraca Saldo setelah
penutupan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
10
-
11.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Neraca Saldo
setelah penutupan
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Neraca Saldo setelah penutupan
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.10. Menjelaskan pemrosesan neraca
saldo setelah penutupan
perusahaan jasa.
4.10 Memproses neraca saldo setelah
penutupan perusahaan jasa.
11
-
12.
SILABUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG
Satuan Pendidikan : SMK
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Keuangan
Paket Keahlian : Akuntansi
Kelas /Semester : XI / 2
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-
aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Perusahaan dagang:
1. Pengertian perusahaan
dagang
2. Ruang lingkup operasi dan
karakteristik
3. Jenis transaksi keuangan
4. Klasifikasi transaksi keuangan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Perusahaan dagang
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
Perusahaan dagang
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
12
-
13.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Perusahaan dagang
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Perusahaan
dagang
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Perusahaan dagang dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.11. Menjelaskan pengertian dan ruang
lingkup operasi serta karakteristik
perusahaan dagang.
4.11 Mengidentifikasi karakteristik khusus
perusahaan dagang
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Penggunaan daftar akun (buku
besar), buku harian dan buku
pembantu:
1. Daftar Akun (Rekening)
2. Jurnal Khusus dan Jurnal Umum
3. Macam dan Bentuk Jurnal
Khusus
4. Buku Pembantu: Persediaan,
Piutang Dagang, Utang Dagang.
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Penggunaan daftar akun (buku
besar), buku harian dan buku
pembantu
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
13
-
14.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
mengidentifikasi masalah
Penggunaan daftar akun (buku
besar), buku harian dan buku
pembantu
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Penggunaan daftar akun
(buku besar), buku harian dan buku
pembantu
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Penggunaan
daftar akun (buku besar), buku
harian dan buku pembantu
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Penggunaan daftar akun (buku
besar), buku harian dan buku
pembantu dan mempresentasikan-
nya dalam bentuk tulisan dan lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.12. Menjelaskan penggunaan daftar akun
(buku besar), buku harian dan buku
pembantu untuk mencatat berbagai
transaksi keuangan perusahaan
dagang.
4.12 Menggunakan daftar akun (buku
besar), buku harian dan buku
pembantu untuk mencatat berbagai
transaksi keuangan perusahaan
dagang.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
Ketentuan bisnis untuk
perusahaan dagang:
1. Penyerahan hak kepemilikan
barang/syarat penyerahan:
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
ketentuan bisnis untuk
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
14
-
15.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
• Free On Board (FOB)
Shipping Point
• Free On Board (FOB)
Destination
2. Insentif pelunasan/syarat
pembayaran:
• p/10, n/20
• p/10, EOM
perusahaan dagang
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah ketentuan
bisnis untuk perusahaan dagang
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang ketentuan bisnis untuk
perusahaan dagang
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang ketentuan
bisnis untuk perusahaan
dagang
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
ketentuan bisnis untuk
perusahaan dagang dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.13. Menjelaskan ketentuan bisnis yang
berlaku terkait dengan penyerahan hak
milik barang dan insentif pelunasan
untuk perusahaan dagang.
4.13 Menentukan hak milik barang
dagangan dalam proses jual beli dan
menghitung insentif pelunasan.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha
Esa, atas keteraturan yang salah
satunya melalui pengembangan
Potongan pemasaran dan retur &
pemotongan harga:
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
Tugas
• Individu/ke-
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
15
-
16.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa yang menciptakan
pengetahuan yang salah satunya
keteraturan melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
1. Potongan pemasaran:
• Potongan kuantitas
(quantity discount)
• Potongan dagang (trade
discount)
2. Retur dan keringanan harga:
• Retur barang dagangan
ke penjual
• Keringanan harga untuk
barang yang tidak sesuai
pesanan
tayang maupun sumber lain tentang
potongan pemasaran dan retur &
pemotongan harga
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah potongan
pemasaran dan retur &
pemotongan harga
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang potongan pemasaran dan
retur & pemotongan harga
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang potongan
pemasaran dan retur &
pemotongan harga
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
potongan pemasaran dan retur &
pemotongan harga dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan
pembelajaran sehingga menjadi
motivasi internal dalam pembelajaran
akuntansi
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-
hari sebagai wujud implementasi sikap
proaktif dalam melakukan kegiatan
akuntansi
3.14. Menjelaskan ketentuan bisnis yang
berlaku terkait dengan potongan
penjualan dan retur & keringan harga
4.14 Menghitung potongan penjualan dan
retur & keringan harga
16
-
17.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Informasi persediaan barang:
1. Informasi keuangan perusahaan
dagang:
• Informasi persediaan
barang
• Informasi laba bruto
• Informasi transaksi
pembelian dan penjualan
barang dagangan
2. Penyediaan informasi
persediaan barang:
• Metode periodik (metode
fisik) baik secara FIFO,
LIFO, Rata-rata sederhana,
Rata-rata tertimbang, dan
Pengenal /identifikasi
*khusus
• Metode perpetual (metode
permanen) baik secara
FIFO, LIFO, Rata-rata
Bergerak.
3. Perbedaan metode periodik dan
metode perpetual
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Informasi persediaan barang
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Informasi
persediaan barang
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Informasi persediaan barang
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Informasi
persediaan barang
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Informasi persediaan barang dan
mempre-sentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.15. Menjelaskan sistem periodik dan
sistem perpetual dalam pencatatan
persediaan barang dagangan dan
menjelaskan perbedaan antara
keduanya didasarkan pada transaksi-
transaksi perusahaan dagang.
17
-
18.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
4.15 Mengidentifikasi perbedaan sistem
periodik dan sistem perpetual
didasarkan pada transaksi-transaksi
khusus perusahaan dagang.
18
-
19.
SILABUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG
Satuan Pendidikan : SMK
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Keuangan
Paket Keahlian : Akuntansi
Kelas /Semester : XII / 1
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah
KI 4: mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Pencatatan transaksi barang dagang
dengan metode periodik:
1. Akun-akun terkait dengan
transaksi barang dagangan.
2. Pembelian dan beban angkut
pembelian
3. Potongan pembelian
4. Retur dan keringanan pembelian
5. Pelunasan utang
6. Penjualan dan beban pengiriman
penjualan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
pencatatan transaksi barang
dagang dengan metode periodik
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
pencatatan transaksi barang
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
19
-
20.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
7. Potongan penjualan
8. Retur dan keringanan penjualan
9. Pelunasan piutang
10. Pemindah-bukuan transaksi
barang dagangan
11. Penyusunan laporan keuangan
dagang dengan metode periodik
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang pencatatan transaksi
barang dagang dengan metode
periodik
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang pencatatan
transaksi barang dagang
dengan metode periodik
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
pencatatan transaksi barang
dagang dengan metode periodik
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.16. Menjelaskan pencatatan transaksi
perusahaan dagang yang
menggunakan pencatatan metode
periodik.
4.16 Mencatat transaksi perusahaan
dagang yang menggunakan
pencatatan metode periodik
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
Pencatatan transaksi barang dagang
dengan metode perpetual
1. Akun-akun terkait dengan
transaksi barang dagangan.
2. Pembelian dan beban angkut
pembelian
3. Potongan pembelian
4. Retur dan keringanan pembelian
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
pencatatan transaksi barang
dagang dengan metode perpetual
Menanya
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
20
-
21.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
5. Pelunasan utang
6. Penjualan dan beban pengiriman
penjualan
7. Potongan penjualan
8. Retur dan keringanan penjualan
9. Pelunasan piutang
10. Pemindah-bukuan transaksi
barang dagangan
11. Penyusunan laporan keuangan
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
pencatatan transaksi barang
dagang dengan metode perpetual
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang pencatatan transaksi
barang dagang dengan metode
perpetual
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang pencatatan
transaksi barang dagang
dengan metode perpetual
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
pencatatan transaksi barang
dagang dengan metode perpetual
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.17. Menjelaskan pencatatan transaksi
perusahaan dagang yang
menggunakan pencatatan metode
perpetual.
4.17 Mencatat transaksi perusahaan
dagang yang menggunakan
pencatatan metode perpetual.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
Penentuan harga pokok
penjualan:
1. Prinsip penandingan harga
pokok dengan pendapatan
2. Harga pokok penjualan (cost
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
penentuan harga pokok untuk
barang yang terjual
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
21
-
22.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
of sales)
3. Metode penentuan harga
pokok penjualan:
• metode identifikasi
khusus,
• metode pertama masuk
pertama keluar (FIFO),
• metode masuk terakhir
keluar pertama (LIFO),
• metode rata-rata
sederhana,
• metode rata-rata
tertimbang.
4. Penentuan harga pokok
penjualan sesuai dengan
peraturan pajak
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
penentuan harga pokok untuk
barang yang terjual
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang penentuan harga pokok
untuk barang yang terjual
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang penentuan
harga pokok untuk barang yang
terjual
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
penentuan harga pokok untuk
barang yang terjual dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.18. Menjelaskan metode-metode
penentuan harga pokok penjualan
(metode identifikasi khusus, pertama
masuk pertama keluar (FIFO), masuk
terakhir keluar pertama (LIFO), rata-
rata sederhana, rata-rata tertimbang.
4.18 Mengidentifikasi metode-metode
penentuan harga pokok penjualan
(metode identifikasi khusus, pertama
masuk pertama keluar (FIFO), masuk
terakhir keluar pertama (LIFO), rata-
rata sederhana, rata-rata tertimbang.
22
-
23.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha
Esa, atas keteraturan yang salah
satunya melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa yang menciptakan
pengetahuan yang salah satunya
keteraturan melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
Penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan metode
periodik melalui contoh-contoh:
1. metode identifikasi khusus,
2. metode pertama masuk pertama
keluar (FIFO),
3. metode masuk terakhir keluar
pertama (LIFO),
4. metode rata-rata sederhana,
5. metode rata-rata tertimbang.
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan
metode periodik
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah
penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan
metode periodik
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang penentuan harga pokok
barang terjual dan penyajiannya
dalam laporan keuangan dengan
metode periodik
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang penentuan
harga pokok barang terjual dan
penyajiannya dalam laporan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan
pembelajaran sehingga menjadi
motivasi internal dalam pembelajaran
akuntansi
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-
hari sebagai wujud implementasi sikap
proaktif dalam melakukan kegiatan
akuntansi
3.19. Menjelaskan penentuan harga pokok
barang yang dijual dan penyajiannya
dalam laporan keuangan dengan
metode periodik.
4.19 Menentukan harga pokok barang yang
dijual dan menyajikannya dalam
laporan keuangan dengan metode
periodik.
23
-
24.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
keuangan dengan metode
periodik
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Potongan pemasaran dan retur &
pemotongan harga dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan metode
perpetual melalui contoh-contoh:
1. metode pertama masuk
pertama keluar (FIFO),
2. metode masuk terakhir keluar
pertama (LIFO),
3. metode rata-rata bergerak
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan metode
perpetual
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah penentuan
harga pokok barang terjual dan
penyajiannya dalam laporan
keuangan dengan metode perpetual
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang penentuan harga pokok
barang terjual dan penyajiannya
dalam laporan keuangan dengan
metode perpetual
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
24
-
25.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang penentuan
harga pokok barang terjual dan
penyajiannya dalam laporan
keuangan dengan metode
perpetual
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
penentuan harga pokok barang
terjual dan penyajiannya dalam
laporan keuangan dengan
metode perpetual dan
mempresentasi-kannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
kasus dan/atau
pilihan ganda
3.20. Menjelaskan penentuan harga pokok
barang yang dijual dan penyajiannya
dalam laporan keuangan dengan metode
perpetual.
4.20 Menentukan harga pokok barang yang
dijual dan menyajikannya dalam
laporan keuangan dengan metode
perpetual.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Buku besar dan neraca saldo:
1. Buku besar dan buku tambahan
2. Pemindahan (Posting) entri
jurnal ke buku besar
3. Neraca saldo dan Kegunaannya
4. Prosedur membuat neraca saldo
5. Menyiapkan neraca saldo
perusahaan dagang
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
buku besar dan neraca saldo
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah buku besar
dan neraca saldo
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
25
-
26.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang buku besar dan neraca
saldo
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang buku besar dan
neraca saldo
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang buku
besar dan neraca saldo dan
mempresentasikannya dalam bentuk
tulisan dan lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.21. Menjelaskan pemrosesan buku besar
dan neraca saldo untuk perusahaan
dagang.
4.21 Menyiapkan buku besar dan neraca
saldo untuk perusahaan dagang.
26
-
27.
SILABUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG
Satuan Pendidikan : SMK
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Keuangan
Paket Keahlian : Akuntansi
Kelas /Semester : XII / 2
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah
KI 4: mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Jurnal penyesuaian:
1. Jurnal penyesuaian dan
fungsinya
2. Jenis-jenis penyesuaian
3. Jurnal penyesuaian
4. Posting jurnal penyesuian ke
buku besar
5. Koreksi kesalahan dan jurnal
koreksi
6. Koreksi akun
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Jurnal penyesuaian
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Jurnal
penyesuaian
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
27
-
28.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Jurnal penyesuaian
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Jurnal
penyesuaian
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Jurnal penyesuaian dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.22. Menjelaskan jurnal penyesuaian dan
jurnal koreksi serta koreksi akun bagi
perusahaan dagang.
4.22 Memproses jurnal penyesuaian dan
jurnal koreksi serta mengadakan
koreksi akun bagi perusahaan dagang
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Neraca lajur:
1. Pengertian dan kegunaan
neraca lajur
2. Bentuk dan isi neraca lajur
3. Menyiapkan neraca lajur
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Neraca lajur
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Neraca
lajur
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
28
-
29.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Neraca lajur
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Neraca lajur
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Neraca lajur dan mempresen-
tasikannya dalam bentuk tulisan dan
lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.23. Menjelaskan pemrosesan neraca lajur
bagi perusahaan dagang.
4.23 Memproses necara lajur bagi
perusahaan dagang.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Laporan keuangan:
1. Penyajian harga pokok
barang yang dijual
2. Laporan laba-rugi perusahaan
dagang
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Laporan keuangan
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Laporan
keuangan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
29
-
30.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Laporan keuangan
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Laporan
keuangan
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Laporan keuangan dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.24. Menjelaskan penyajian laporan harga
pokok barang yang dijual dan
penyajiannya dalam laporan keuangan
perusahaan dagang.
4.24 Menyajikan laporan harga pokok
barang yang dijual dan menyajikannya
dalam laporan keuangan perusahaan
dagang.
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha
Esa, atas keteraturan yang salah
satunya melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa yang menciptakan
pengetahuan yang salah satunya
Jurnal penutup
1. Kegunaan jurnal penutup
2. Jurnal penutup
3. Posting jurnal penutup ke
buku besar
4. Menutup akun nominal
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Jurnal penutup
Menanya
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
30
-
31.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
keteraturan melalui pengembangan
berbagai keterampilan dalam akuntansi
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Jurnal
penutup
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Jurnal penutup
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Jurnal penutup
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Jurnal penutup dan mempre-
sentasikannya dalam bentuk tulisan
dan lisan
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
SMK
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong)
dalam melakukan pembelajaran
sehingga menjadi motivasi internal
dalam pembelajaran akuntansi
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-
hari sebagai wujud implementasi sikap
proaktif dalam melakukan kegiatan
akuntansi
3.25. Menjelaskan pemrosesan penutupan
buku dan jurnal pembalik bagi
perusahaan dagang
4.25 Memproses penutupan buku dan jurnal
pembalik bagi perusahaan dagang
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang
Maha Esa, atas pemberian amanah
untuk mengelola administrasi
keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah
dipahami, relevan, andal, dan dapat
diperbandingkan.
Neraca saldo setelah penutupan
1. Pengertian dan kegunaan
neraca saldo setelah
penutupan
2. Bentuk-bentuk neraca saldo
setelah penutupan
3. Penyiapan neraca saldo
setelah penutupan
Mengamati
mempelajari buku teks, bahan
tayang maupun sumber lain tentang
Neraca saldo setelah penutupan
Menanya
Merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah Neraca
saldo setelah penutupan
Tugas
• Individu/ke-
lompok
• Pemecahan
masalah
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan
6 Jp 1. Buku
Teks
(Siswa)
2. Buku
Akun-
tansi
untuk
SMK
31
-
32.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Mengeskplorasi
Mengumpulkan data dan informasi
tentang Neraca saldo setelah
penutupan
Asosiasi
• menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang Neraca saldo
setelah penutupan
• menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang
Neraca saldo setelah penutupan
dan mempresentasikannya dalam
bentuk tulisan dan lisan
sikap kegiatan
individu/
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
individu/
kelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk studi
kasus dan/atau
pilihan ganda
2.1. Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok serta mempunyai
kepedulian yang tinggi dalam menjaga
keselarasan lingkungan sosial,
lingkungan kerja dan alam.
3.26. Menjelaskan pemrosesan neraca saldo
setelah penutupan bagi perusahaan
dagang.
4.26 Memproses neraca saldo setelah
penutupan bagi perusahaan dagang.
32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar